Sebelum mempelajari cara menggunakan vlookup excel, kita perlu tahu apa itu fungsi vlookup pada microsoft excel.
Fungsi atau Rumus Excel VLOOKUP adalah salah satu fungsi pada Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari data pada kolom pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil atau menghasilkan nilai dari sel mana pun di baris yang sama pada tabel data tersebut.
Dengan rumus Vlookup pada Microsoft Excel ini kita dapat mengisi data pada sebuah tabel berdasarkan data pada tabel referensi lain dengan acuan sebuah nilai kunci yang spesifik.
Salah satu contoh penggunaan fungsi Vlookup adalah untuk Konversi Rentang Nilai Angka ke Huruf Pada Excel
Awalan huruf “V” didepan kata Vlookup merupakan singkatan dari kata Vertical. Istilah vertikal ini merujuk pada bentuk tabel referensi yang digunakan, dimana header atau judul tabel terletak dibagian atas dan field datanya tersusun kebawah secara vertikal.
Fungsi rumus Vlookup Excel ini tersedia disemua versi Ms. Excel, Baik versi Excel 2016, Excel 2013, Excel 2010, Excel 2007, Excel 2003, Excel XP maupun Excel 2000.
Kebalikan dari Fungsi Vlookup adalah Fungsi Hlookup. Kedua fungsi ini (Hlookup dan Vlookup) merupakan fungsi excel yang lebih spesifik dari Fungsi Lookup yang bisa digunakan untuk data vertikal maupun horisontal. Jangan bingung membedakan ketiga fungsi excel ini ya.
Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP Excel
Cara menggunakan rumus Vlookup excel adalah sebagai berikut:
VLOOKUP(NilaiYangDiCari; TabelReferensi; NomorKolom; [RangeLookup])
Fungsi Vlookup excel memiliki empat argumen:
- NilaiYangDiCari : Merupakan nilai yang akan kita cari pada kolom pertama sebuah tabel atau kolom paling kanan dari TabelReferensi. Argument ini dapat berupa angka, teks, tanggal maupun nilai tertentu baik ditulis langsung maupun sebuah referensi sel. Bisa juga berupa nilai yang dihasilkan oleh rumus excel lainnya.
- TabelReferensi : Sebuah tabel referensi data yang terdiri dari 2 kolom atau lebih, dimana NilaiYangDicari berada pada kolom pertama tabel data ini.
- NomorKolom : Merupakan Nomor kolom dari argumen TabelReferensi yang mengandung nilai data dan akan kita ambil nilai yang sebaris dengan posisi NilaiYangDicari pada kolom pertama.
- RangeLookup : Diisi dengan nilai Boolean TRUE atau FALSE. Nilai logika True/false ini menujukkan tipe pencarian. Nilai logika pada rumus Vlookup digunakan sebagai acuan untuk menetapkan apakah kita ingin VLOOKUP menemukan hasil yang sama persis atau cukup menemukan nilai mendekati.
- TRUE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari Pada TabelReferensi pencarian yang sama persis atau mendekati. Jika Nilai yang sama persis tidak ditemukan maka nilai terbesar berikutnya yang kurang dari NilaiYangDiCari yang akan dihasilkan.
- FALSE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari Pada TabelReferensi pencarian yang sama persis saja. Jika tidak ditemukan maka Vlookup akan menghasilkan pesan error #NA!
Selain menggunakan Vlookup Excel, untuk hasil yang sama perlu juga anda pertimbangkan untuk menggunakan rumus excel Index-Match yang bisa anda gunakan sebagai rumus alternatif pengganti VLOOKUP Excel.
Untuk lebih jelasnya tentang cara menggunakan fungsi Vlookup excel ini silahkan perhatikan contoh rumus vlookup berikut:
Belajar Menggunakan Vlookup Sederhana
Dalam contoh kasus kali ini, kita akan mencoba untuk mengisi besaran gaji masing-masing karyawan berdasarkan golongan mereka menggunakan rumus Excel Vlookup. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mencari besaran gaji secara otomatis menggunakan Vlookup, dan berikut ini langkah-langkah selengkapnya.


- Ketikkan =VLOOKUP( pada kolom Gaji Tabel B.
- Klik kolom Golongan karyawan yang akan diisi gajinya dan tambahkan tanda ;. Jadi di kolom H2, akan terlihat rumus VLOOKUP menjadi =VLOOKUP(G2;
- Blok data yang ada pada tabel A.
- Sisipkan tanda $ pada angka dan nomor kolom agar bisa di-drag ke bawah, dan beri tanda ;. Rumus akan terlihat menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;.
- Tambahkan angka 2 dan juga ; pada rumus, sehingga menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;2. Ini dikarenakan yang akan dicari adalah gaji, dan gaji ada di kolom ke 2 pada tabel A.
- Tambahkan FALSE, tutup rumus dengan tanda ) lalu tekan enter. Tampilan akhir rumus menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;2;FALSE).
Baca juga: Panduan Lengkap Menggunakan VLOOKUP Excel dari Rumus Hingga Contoh
2. Belajar Menggunakan Vlookup dengan Nilai yang Mendekati
Contoh kedua adalah cara Vlookup Excel untuk mencari nilai yang mendekati atau tidak sama persis. Biasanya hal ini digunakan untuk menentukan kelompok nilai dari besaran angka tertentu. Contoh yang digunakan kali ini adalah mencari nilai akhir mahasiswa berdasarkan poin yang dikumpulkan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat formula Vlookup dengan nilai yang mendekati.


- Ketikkan =VLOOKUP( pada kolom Nilai Akhir di Tabel B.
- Klik jumlah poin yang didapatkan oleh mahasiswa tersebut dan tambahkan tanda ;. Tampilan rumus akan menjadi =VLOOKUP(G2;.
- Blok tabel yang digunakan sebagai acuan nilai pada Tabel A.
- Sisipkan tanda $ di huruf dan angka agar bisa di-drag ke bawah. Tambahkan tanda ;. Tampilan rumus menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$B$5;.
- Tambahkan angka 2 dan juga tanda ; ke dalam rumus. Ini dikarenakan nilai berada di kolom ke 2. Tampilan rumus menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$B$5;2.
- Tambahkan TRUE dan tutup formula VLOOKUP. Tampilan akhir rumus akan menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$B$5;2;TRUE).
Alhasil, Excel akan secara otomatis melakukan pembulatan ke kelompok nilai terdekat dan menentukan nilai yang paling sesuai. Pastikan bahwa rentang nilai dalam tabel pembanding ditulis dari yang paling kecil ke besar, karena rumus ini akan mencari nilai yang paling sesuai dari atas ke bawah.
3. Belajar Menggunakan Vlookup dengan Sheet yang Berbeda
Dapatkah kita menggunakan rumus Vlookup di Excel dengan lokasi sheet yang berbeda? Tentu bisa, guys! Simak contoh berikut dalam pembuatan nilai rapor. Yang berbeda dari kondisi ini adalah kita perlu mendeklarasikan nama tabel. Berikut tutorialnya:
- Buka aplikasi Excel kemudian buku sheet baru atau file yang sudah ada.
- Pada sheet pertama, buatlah tabel bernamakan “Rekap Nilai Rapor” yang berisikan 6 kolom dengan nama kolom masing-masing seperti berikut.
- Kemudian pada sheet kedua, ketiga dan seterusnya juga dideklarasikan nama tabelnya. Caranya dengan seleksi data di tabel lalu klik kanan dan pilih Define New Name.
- Selanjutnya berikan rumus Vlookup pada sheet œRekap Nilai. Pertama-tama pada kolom “Matematika”, lalu masukkan rumus berikut: =VLOOKUP(A4;MTK;2;FALSE)
- Kemudian lakukan ulang langkah-langkah di atas untuk mengisi kolom Nilai Biologi, Kimia dan Fisika. Coba sendiri ya!
4. Belajar Menggunakan Vlookup dengan File yang Berbeda
Tidak hanya bisa digunakan untuk sumber data di sheet yang berbeda, rumus Vlookup juga dapat digunakan pada sumber data dari file Excel yang berbeda. Berikut ini langkah-langkah mengaplikasikan cara menggunakan Vlookup dengan file yang berbeda dengan contoh kasus yang sama seperti contoh sebelumnya.
- Tuliskan formula Vlookup seperti biasanya hingga poin nilai acuan. Tampilan rumus akan menjadi =VLOOKUP(A4;.
- Buka file Excel di mana file tabel pembanding berada dan blok data yang akan digunakan. Tampilan rumus akan menjadi, =VLOOKUP(A4;'[Nilai Matematika Siswa.xlsx]Sheet1′!$B$2:$B$7.
- Kemudian lanjutkan formula dengan parameter 2;FALSE ke dalam rumus dan tutup formula Vlookup ini. Maka rumus lengkapnya akan menjadi,=VLOOKUP(A4;'[Nilai Matematika Siswa.xlsx]Sheet1′!$B$2:$B$7; 2;FALSE).
- Drag ke bawah untuk mendapatkan hasil yang sama pada setiap siswa yang ada di dalam tabel.